Dampak Positif Dan Negatif dari Teknologi di Kehidupan kita sehari hari


 Dalam generasi Millenial serba pintar seperti jaman sekarang ini mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan Teknologi ,Karena Teknologi Di Jaman sekarang Sudah Termasuk kedalam Kebutuhan Sehari Hari ,banyak Dampak Positiv Dari Teknologi Itu di antaranya memudahkan Manusia Dalam banyak hal misalnya mengirim surat ,Berkomunikasi dengan orang banyak maupun individual. Tetapi tidak hanya Dampak positiv ada juga dampak negativ dari teknologi itu sendiri Mulai dari kejahatan IT ,Penculikan ,Maupun Pencurian..

 Maka dalam kesempatan kali ini saya ingin merangkum dampak positiv maupun negativ dari teknologi. Walau Dampak positiv dan negativ dari teknologi itu banyak ,Tetapi disini gua bakal merangkum dampak positiv dan Negativ dari teknologi yang terjadi di real life (Kehidupan nyata):


  • DAMPAK POSITIF
1.Mempercepat Arus Informasi

 Ya mungkin informasi di jaman millenial sekarang Arus informasi saat ini menjadi sangat cepat, bahkan cenderung tidak terkontrol hingga saat ini. namun demikian, hal ini merupakan salah satu dampak positif, karena dapat memberikan informasi mengenai suatu kejadian secara cepat, meskipun terkadang tidak akurat dan tidak tepat.
Informasi itu sendiri Bisa di dapatkan di mana saja ,Mulai dari Media sosial ,Youtube ,Website ,DLL

 Arus informasi dengan feedback yang merupakan karakteristik sistem informasi menjadi salah satu faktor perkembangan informasi dan komunikasi yang tampak. Sehingga memberikan manfaat tersendiri bagi setiap user. Terlebih terhadap internet, perkembangan jaringan komputer menjadi semakin pesat seiring penggunaan internet yang kian meningkat.

2. Media Untuk Menyambung tali silaturahmi

 Media sossial juga merupakan dampak positif lainnya dari perkembangan teknologi informasi dan kommunikasi. Media sosial dapat memberikan banyak sekali manfaat, salah satunya adalah dapat mempertumakan individu dengan orang baru, dan menambah relasi antar individu.

Media sosial dapat menyambung tali silaturrahmi memudahkan bagi orang yang memiliki sanak family yang jauh, jaringan sosial ini sangat bermanfaat dan berperan untuk mempertemukan kembali keluarga dan kerabat yang berada jauh dari kita, dan yang jauh dengan yang lama sudah tidak bertemu. Hal tersebut dapat dilakukan lewat media maya seperti video call.

4.Sarana mendapat hiburan dengan mudah

 Sarana Mendapat Hiburan dengan Mudah Juga termasuk dampak positif dari Teknologi ,Ya sebagai mana kita tau hiburan didapatkan dimana saya ,Mulai dari bermain game ,Chatingan ,Streaming ,Membaca Artikel ,Dan Masih Banyak Lagi.


  • DAMPAK NEGATIF

  1. Penyalah Gunaan Fungsinya ,Termasuk Media Sosial
 Ini yang sering Terjadi Di jaman millenial sekarang ,Penyalah gunaan Media Sosial Semakin Banyak Terjadi Di zaman sekarang Mulai dari penebaran HOAX ,Penculikan ,Pemerkosaan ,dan Jual beli Barang Terlarang Termasuk Narkoba. Penyalah gunaan yang telah saya sebutkan tadi Sudah sering kita dengar maupun kita lihat di media sosial Seperti Facebook ,WhatsApp ,Instagram ,DLL

2. Malas Bersosialisi

Dengan adanya teknologi seperti gadget yang banyak aplikasi media sosialnya, membuat orang malas bersosialisasi. Semua orang cenderung lebih menyukai ber-chat ria daripada mengobrol secara langsung. Ini merupakan Dampak negatif teknologi yang sangat berbahaya karena bisa menimbulkan sifat individualis dan Memutuskan Tali silaturahmi Antar Teman ,Keluarga ,Maupun Antar Tetangga.

3. Meningkatnya Aksi Penipuan

 Penipuan yang marak terjadi sekarang adalah melalui toko online. Sudah banyak sekali kasus penipuan yang terjadi, maka dari itu berhati-hatilah ketika berbelanja di toko online yang belum terpercaya.

4. Menurunkan Prestasi Belajar

Dampak negatif teknologi yang selanjutnya adalah menurunkan prestasi belajar siswa. Akibat dari Perkembangan Teknologi membuat putra putri yang sangat senang berman gadget dibandingkan harus membaca buku. Banyak siswa yang keasyikan bermain game online hingga larut malam sampai melupakan kewajibannya sebagai pelajar.

5. Meningkatnya Kejahatan Cyber

Cyber Crime, begitulah mungkin kebanyakan orang menyebutnya, kejahatan dunia maya atau tindak pidana siber, sebenarnya merupakan kejahatan konvensional dengan metode modern (memanfaatkan teknologi), misalnya Pencurian Informasi ,Peretasan Situs ,Pencurian Card Creadit ,Pencemaran Nama Baik ,dan Berikut istilah yang umum dalam Kejahatan Cyber Yang sering di jaman millenial Sekarang :
  • Hacking
  • Cracking
  • Defacer
  • Carder
  • Spamer
  • Phising
  • Searc Conten Ilegal
  • CyberSquatting dan TypoSquatting
  • Denial of Service (DoS) dan Distributed DoS (DDos) attack

 Mungkin masih banyak dampak positif dan negatif dari Teknologi di kehidupan nyata ,Tetapi Hanya Segini yang bisa saya sampaikan ..Mohon Maaf bila Ada kesalahan dalam penulisan ,,TerimaKasih Dan Sampai Jumpa

1 Response to "Dampak Positif Dan Negatif dari Teknologi di Kehidupan kita sehari hari"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel