Peran Kriptografi dalam kehidupan sehari hari


 Postingan saya kali ini akan membahas apa itu kriptografi dan apa peran pentingnya dalam kehidupan sehari hari.

 Kriptografi atau biasa disebut pesan rahasia atau juga biasa disebut sandisastra merupakan keamaan berkomunikasi dari pihak ke tiga. Secara umum kriptografi menganalisa protokol lawan yang tidak berkepentingan; beberapa aspek kriptografi dalam kehidupam sehari hari atau aplikasi yang sering kita pakai adalah;  MESIN ATM, Password Komputer, E-commerce, Sandi media sosial, whatsApp, DLL yang berbau dengan keamanan.

 Kriptografi juga sinonim dari kata encrypsi atau kalimat yang bisa dibaca namun kelihatan tidak masuk akal contohnya seperti gambar diatas. Gambar tersebut adalah mini projek saya yang saya encrpy menggunakan tools obfuscation provided by fopo. Untuk tools onlinenya bisa kalian klick disini . Itu lah pengertian singkat tentang kriptografi, lalu apakah peran penting kriptografi yang selama ini sering kita gunakan:

  • Smartcard ( kartu cerdas ) 

 Kartu cerdas atau kartu creadit menyimpan kunci privat atau pin, Sertifikat digital, dan informasi penting dari Public Key Infrastructure(PKI).
  • Anjungan Tunai Mandiri ( ATM )
 Transaksi ATM ke komputer Host, PIN harus dilindungi dari penyadapan atau pencurian, Bentuk perlindungan selama Tranmisi adalah encrypted PIN.
  • Pay TV
 Pada system tv berbayar atau Pay TV sinyal broadcast di encrypt menggunakan kunci yang unik. Orang orang yang berlangganan diberikan kunci untuk bisa menerima layanan.
  • Telephone selular
 Telephone seluler menggunakan metode cipher aliran (stream cipher) untuk mengamankan transmisi komunikasi.
  • E-Commerce
 Pada E-Commerce atau perdagangan electronik ( Online Shop ) Secure Socet Layer atau SSL di encrypt agar bisa browsing secara aman.
  • E-Mail
 E-Mail menggunakan protokol HTTPS, dimana protokol tersebut Juga menggunakan teknik kriptografi.

 Mungkin masih banyak lagi sebuah aplikasi atau aktifitas yang menggunakan teknik cryptografi atau encrypted. Namun hanya itu yang bisa saya informasikan. Semoga postingan saya kali ini menambah wawasan kita semua. TerimaKasih

0 Response to "Peran Kriptografi dalam kehidupan sehari hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel