Macam macam metode sosial engineering dan pengertiannya


  Sosial engineering atau soceng adalah teknik rekaya sosial yang meng ekploitasi manusia menggunakan rayuan ataupun semacamnya, teknik ini banyak digunakan dalam kegiatan kejahatan cyber, berikut adalah macam macam serangan Cyber menggunakan sosial engineer dan pengertiannya:

Ada 4 metode yang paling sering saya temui yaitu:

  • Phising attack
  • Whalling attack
  • Pretexting attack
  • Baiting
 Berikut adalah penjelasan mengenai metode tersebut:



  • Phising
 Kenapa saya memasukan phising dalam metode paling pertama? karena metode ini paling banyak digunakan dalam kegiatan Sosial engineer atau biasa disebut soceng. 
 Dalam metode ini seseorang akan mengirimkan sebuah email atau link yang berbahaya untuk memancing korban agar dapat memberikan Data peribadinya. Seseorang akan Menulis atau menampilkan halaman yang semirip mungkin dengan perusahaan resminya agar si korban tidak curiga kepada orang tersebut lalu si korban akan mengirimkan email, Password, atau data pribadinya, Metode ini paling banyak ditemui di group group Game atau group publick agar banyak orang yang minat.

  • Whalling attack
 Whalling attack merupakan jenis serangan yang mengincar seseorang dengan rayuan jabatan tinggi atau gaji tinggi di perusahaan tertentu. Teknik ini seperti teknik yang pertama Namun dengan cara dan target yang berbeda. Teknik seperti ini banyak ditemui di group lowongan pekerjaan.

  • Pretexting attack
 Serangan ini dilakakun dengan cara sekenario palsu dengan memanfaatkan telphone, email atau sms. Seseorang akan meminta si korban melakukan sesuatu seperti Transfer, Meminta pulsa, Ataupun Mengisi Data pribadi, Metode ini viral belakangan tahun yang lalu dengan Cara "Mamah minta pulsa". Metode ini paling banyak ditemui melalui sms.

  • Baiting
 Metode ini memanfaatkan Rasa ingin tahu korban lalu seseorang akan memberikan iming iming yang berbau download software, Musik, Game, Dsb. Lalu si korban dengan senang tiasa membuka link dan menginstal dari situ berbahaya. Metode ini juga banyak ditemui di tahun yang lalu dengan metode Ransomware.

 Itu lah beberapa metode Sosial enginer yang banyak ditemui, Hati hati dalam ber internet, download, atau membuka link yang dikirimkan seorang yang tak dikenal.
 Jika artikel ini bermanfaat mohon dibagikan kepada teman, keluarga, saudara agar semua bisa tahu tentang betapa pentingnya Data pribadi kita. Save #PersonalData

0 Response to "Macam macam metode sosial engineering dan pengertiannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel